KEBIJAKAN PRIVASI
PT KAYA LAUTAN PERMATA
I. PENGUMPULAN DAN PENGGUNAAN INFORMASI PRIBADI
Dalam konteks kebijakan privasi ini, informasi pribadi adalah informasi Anda sebagai nasabah (“Nasabah”) yang dapat mengidentifikasi atau dapat digunakan untuk mengindentifikasi Nasabah, baik digunakan secara sendiri atau bersama dengan informasi lainnya, yang memiliki hubungan langsung maupun tidak langsung kepada Nasabah (“Informasi Pribadi”).
Informasi Pribadi Nasabah yang dikumpulkan oleh PT Kaya Lautan Permata (“Kaya”) akan digunakan sesuai dengan maksud dan tujuan yang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.
Kaya mengumpulkan informasi pribadi ini dengan tujuan untuk memberikan Nasabah pengalaman transaksi yang lancar, terjamin, efisien dan wajar, karena informasi pribadi tersebut akan diberikan kepada pihak-pihak terkait dalam penyediaan layanan investasi kepada Nasabah dalam aplikasi Kaya (“Kaya App”), termasuk namun tidak terbatas pada pihak seperti manajer investasi dan KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) untuk membuat akun investasi Nasabah.
Dengan ini, Nasabah telah membaca isi dari kebijakan privasi ini dan menyetujui bahwa Kaya memiliki hak untuk membagi Informasi Pribadi tersebut kepada pihak ketiga yang bekerja sama dengan Kaya, perusahaan afiliasi dari Kaya, pihak-pihak dan/atau alat-alat yang digunakan untuk memproses Informasi Pribadi Nasabah guna kepentingan Know Your Customer (KYC), lembaga jasa keuangan yang bekerja sama dengan Kaya dalam kaitannya dengan pelaksanaan transaksi investasi (“Rekanan”), otoritas atau instansi yang berwenang baik di wilayah Republik Indonesia maupun luar negeri, sesuai dengan batasan yang ada pada peraturan perundang-undangan terkait data pribadi yang berlaku serta Kebijakan Privasi ini. Nasabah juga memahami bahwa pihak-pihak ketiga tersebut sebelumnya memiliki hak untuk menampung dan/atau mengolah Informasi Pribadi Nasabah untuk tujuan yang berkaitan dengan penggunaan jasa yang disediakan oleh Kaya.
Kaya akan mengumpulkan informasi sebagai berikut:
Informasi akun Nasabah, yaitu:
Nama
Kewarganegaraan
Nomor Identitas (NIK/paspor untuk warga negara asing)
Tanggal habis berlaku identitas (untuk paspor)
Nomor pokok wajib pajak (NPWP)
Tanggal pendaftaran NPWP
Negara tempat lahir
Kota tempat lahir
Tanggal lahir
Jenis kelamin
Pendidikan terakhir
Nama ibu kandung
Agama
Pekerjaan
Tingkat pendapatan (dalam Rupiah)
Status perkawinan
Nama pasangan (jika ada)
Profil risiko investor
Tujuan investasi
Sumber dana
Pemilik aset
Alamat sesuai identitas
Kota sesuai identitas
Kode pos sesuai Identitas
Alamat surat elektronik (e-mail)
Nomor ponsel
Kontak darurat
Nomor rekening bank dan nama bank
Informasi di atas dikumpulkan untuk kebutuhan dalam proses pendaftaran, KYC dan pencatatan transaksi.
Informasi mengenai perangkat Nasabah berupa informasi dasar yang dapat muncul dari penggunaan Kaya App oleh Nasabah yaitu, termasuk namun tidak terbatas pada, alamat IP (IP address) perangkat elektronik, ID seluler (cellular ID), lokasi, gambar dari kamera yang terhubung dengan perangkat, nomor ponsel yang digunakan untuk layanan SMS (short message services), informasi jaringan seluler dan informasi sejenisnya akan digunakan oleh Kaya untuk menjamin berjalannya aplikasi Kaya dengan baik.
Kaya akan memberikan data tersebut kepada pihak ketiga hanya untuk tujuan memproses Single Investor Identification (SID), Proses Customer Due Diligence (CDD) dan Proses Enhanced Due Diligence (EDD).
II. RETENSI INFORMASI PRIBADI
Penyimpanan Informasi Pribadi Nasabah dilakukan oleh Kaya selama Informasi Pribadi tersebut dibutuhkan oleh Kaya untuk melaksanakan tujuan-tujuan sebagaimana dijelaskan sebelumnya, atau jika diwajibkan oleh perintah pengadilan, pejabat publik, lembaga atau instansi yang berwenang, dan/atau berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Informasi Pribadi Nasabah tidak akan disimpan lagi oleh Kaya saat Informasi Pribadi tersebut tidak lagi diperlukan untuk maksud keperluan hukum dan/atau kegiatan usaha Kaya.
Nasabah memahami bahwa Informasi Pribadi Nasabah akan disimpan oleh Rekanan dengan berbagai cara. Informasi yang dibagikan antara Nasabah dengan Rekanan atau pihak ketiga lainnya, selain melalui Kaya juga dapat diisimpan dengan berbagai cara (seperti melalui telepon, pesan seluler, atau mode komunikasi lainnya). Kaya tidak memberikan izin dan tidak akan bertanggung jawab kepada Nasabah jika Informasi Pribadi atau informasi terkait Nasabah lainnya didapatkan dengan cara tersebut. Selama diperbolehkan oleh hukum Republik Indonesia, Kaya tidak memiliki tanggung jawab dan tidak akan bertanggungjawab atas penyimpanan Informasi Pribadi Nasabah tersebut dan atas setiap kerugian yang berakibat dari penyimpanan Informasi Pribadi Nasabah atau informasi terkait nasabah lainnya.
III. KERAHASIAAN PIN/KATA SANDI
Nasabah wajib menjaga kerahasiaan atas kode PIN (Personal Identification Number) atau kata sandi yang telah dibuat atau ditentukannya. Kaya tidak bertanggung jawab atas kerugian yang disebabkan karena kelalaian Nasabah dalam melindungi kerahasiaan kode PIN atau kata sandinya.
IV. KEAMANAN DATA PRIBADI
Kaya akan melindungi semua Informasi Pribadi yang diperoleh sesuai dengan standar dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta Kebijakan Privasi ini. Perlindungan ini akan dilakukan sebaik-baiknya menggunakan perangkat keamanan yang wajar dan cukup serta memadai. Informasi Pribadi yang Nasabah sampaikan kepada pihak ketiga di luar dari Rekanan yang dapat menyalahgunakan data pribadi tersebut kerahasiannya bukan tanggung jawab dan di luar kekuasaan Kaya. Kaya akan berusaha sewajarnya untuk mencegah terjadinya akses yang tidak diizinkan terhadap Informasi Pribadi Nasabah oleh pihak yang tidak resmi.
V. KEWAJIBAN PEMBUKAAN DATA PRIBADI
Kaya hanya akan mengungkapkan dan memberikan Informasi Pribadi Nasabah apabila:
Kaya telah mendapatkan persetujuan Nasabah terlebih dahulu, atau telah mendapatkan instruksi tertulis dari Nasabah.
Apabila data Nasabah diminta oleh otoritas yang berwenang seperti kejaksaan, kepolisian, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kaya juga dapat memberikan data ke otoritas yang tidak tertulis di atas selama otoritas tersebut memiliki wewenang dalam hukum, dan/atau Kaya telah mendapatkan perintah dari pengadilan untuk membuka Informasi Pribadi Nasabah pada Kaya.
Jika berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku diminta untuk dapat dibuka kepada suatu pihak tertentu ataupun kepada publik.
VI. PENYIMPANAN DAN PEMUSNAHAN INFORMASI PRIBADI
Kaya berhak untuk menyimpan Informasi Pribadi Nasabah selama jangka waktu yang ditentukan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk memenuhi berbagai tujuan yang telah diatur dalam kebijakan privasi ini yang dapat disesuaikan dari waktu ke waktu apabila diizinkan atau diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan dan/atau lembaga atau instansi yang berwenang dalam bidang perdagangan berjangka komoditi.
Kaya mengizinkan Nasabah untuk mengubah dan/atau menghapus data yang disimpan oleh Kaya, selama Kaya tidak harus menyimpan data tersebut sesuai dengan hukum yang berlaku.
VII. TEMPAT KAMI MENYIMPAN INFORMASI PRIBADI PENGGUNA
Kaya akan mengumpulkan Informasi Pribadi Nasabah untuk dapat disimpan, di-transfer kepada atau diproses oleh penyedia layanan dari Rekanan. Dengan metode dan upaya yang wajar, Kaya akan mengupayakan agar semua Rekanan tersebut memberikan tingkat perlindungan yang setara dan tidak lebih longgar dibanding dengan standar yang Kaya terapkan dalam Kebijakan Privasi ini.
VIII. COOKIES
Untuk peningkatan pelayanan dan produk yang lebih baik, Kaya menerapkan penggunaan Cookies untuk memberikan Nasabah pengalaman yang unik dan sesuai dengan masing-masing Nasabah pada Kaya App. Cookies merupakan sebuah file teks kecil yang tersimpan pada perangkat Nasabah yang memberikan Kaya informasi-informasi terkait penggunaan Kaya App oleh Nasabah secara daring yang digunakan untuk membantu Kaya dalam menyesuaikan pengalaman Nasabah serta menjadikan Kaya App lebih ramah pengguna.
IX. MATERI PEMASARAN DAN PROMOSI
Dalam hal Nasabah memberikan persetujuannya kepada Kaya, Kaya dapat memberikan Nasabah materi pemasaran secara langsung dalam bentuk iklan, promosi melalui push-notification, pesan dari dalam aplikasi, POS, panggilan seluler, SMS, platform chat, media sosial, surat elektronik, dan/atau mailing list.
Nasabah berhak untuk menolak pengiriman materi pemasaran kapan saja dengan cara mengklik tulisan “berhenti berlangganan” yang tertera di dalam mailing list (aplikasi dan media sosial). Namun demikian, Nasabah tetap dapat menerima pesan-pesan yang besifat non-promosi walaupun Nasabah telah menolak menerima materi pemasaran.
X. PLATFORM REKANAN
Dalam menjalankan bisnisnya, Kaya akan bekerja sama dengan Rekanan. Terdapat kemungkinan bahwa Nasabah akan menemukan tautan ke platform yang dikelola atau dikendalikan oleh Rekanan tersebut di dalam Kaya App. Kaya tidak memiliki wewenang atau kewajiban serta tidak bertanggung jawab terhadap platform ini serta segala hal-hal operasional seperti pengumpulan, penggunaan, penjagaan, pembagian, atau pembukaan data dan informasi oleh pihak ketiga tersebut. Untuk informasi lebih lanjut, Kaya sangat mendorong Nasabah untuk meninjau kebijakan privasi dari Rekanan tersebut terlebih dahulu.
Dengan menyetujui Kebijakan Privasi ini, Nasabah juga menyetujui untuk mengikuti segala persyaratan penggunaan, kebijakan privasi, serta perjanjian lainnya yang dibentuk dan diperlukan oleh Rekanan dalam hal atau saat menggunakan layanan yang tersedia dalam Kaya App yang tersedia sebagai hasil kerja sama dengan Rekanan terkait.
XI. PERUBAHAN KEBIJAKAN PRIVASI
Kebijakan Privasi ini dapat berubah dari waktu ke waktu baik secara berkala maupun secara keseluruhan oleh Kaya. Perubahan ini dapat dilakukan tanpa harus memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Nasabah dan Nasabah menyetujui setiap perubahan tersebut.
XII. HUBUNGI KAMI
Apabila Nasabah ingin menghubungi kami, Nasabah dapat melakukannya melalui kontak berikut.
E-mail: care@investasikaya.co.id
WhatsApp: 081818777708